TEKNIK PEMANDUAN (Guiding)

Sebagai salah satu lulusan Ak. Perhotelan saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara yang baik untuk memandu para wisatawan.

1. Opening
Pilihlah tempat yang strategis untuk memulai pemanduan jika Anda akan memulai suatu perjalanan dengan bus. lakukan greeting sebelum naik ke bus atau sebelum bergerak. Yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ;
  • Mengucapkan salam dengan bahasa yang familiar dengan wisatawan
  • Perkenalkan nama dan tugas rekan kerja dan diri Anda sendiri serta tunjukan tanda pengenal khusus.
  • Cek nama wisatawan satu persatu dengan menyebutkan nama dan negara/tempat asal sehingga mereka saling kenal.
  • Jelaskan secara singkat dan jelas itinerary, sebaiknya dibagikan brosur atau sekilas informasi dengan gambar yang jelas.
  • Berikan kesempatan kepada wisatawan untuk bertanya.

2. Main Guiding
Sebaiknya berhati-hatilah pada saat memandu wisatawan, lakukan hal-hal seperti berikut;
  • Kenali budaya mereka dan sesuaikan situasi dengan culture rata-rata
  • Saat memberikan informasi diatas bus dilakukan dengan berdiri, sikap kaki yang tepat. Boleh bersandar akan tetapi tidak boleh terkesan malas.
  • Jangan menjelaskan suatu objek yang sudah tertinggal atau masih sangat jauh (kecuali disinggung sedikit yang berhubungan dengan tempat perjalanan berlangsung). Adakan kerjasama dengan supir supaya kecepatan dikurangi apabila ada hal-hal yang menarik dan memerlukan informasi yang lebih rinci.
  • Tanggap akan kondisi wisatawan : jenuh, lelah atau mengantuk. Cepat mawas diri apakah penyebabnya dan segera alihkan strategi Anda untuk mengantisipasinya, jangan biarkan mereka menunggu Anda yang sedang makan.
  • Ingatkan sebelum meneruskan perjalanan tentang toilet, barang bawaan, dan ucapan terimakasih atas ketertibannya serta sampaikan permintaan maaf apabila ada kekurangan.
  • Bila ada pemandu lokal pada salah satu objek wisata, perkenalkan guide lokal tersebut pada wisatawan dan hargailah rekan pemandu Anda
3. Closing
Akhir pemanduan merupakan kesan akhir suatu pertemuan dan tidak kalah pentingnya dengan kesan pertama. Kiat untuk mengakhiri pemanduan dengan kesan positif antara lain;
  • Tentukan farewell point yang nyaman, tenang dan mengesankan seperti ditaman, lobby, restoran.
  • Buatlah suatu yang mengesankan seperti game dengan hadiah kecil, humor dan souvenir, tanyakan munkin diantara mereka ada yang ingin bernyanyi, berpuisi atau menari sebagai kenangan, serta mungkin hal-hal lain yang bisa menghidupkan suasana.
  • Cari kesempatan untuk membagikan questioner dan mintalah mereka mengisi dengan jujur.
  • Jangan lupa salam perpisahan serta harapan untuk bisa berjumpa lagi.
  • Ingatkan barang bawaan jangan ada yang ketinggalan
  • Bantulah jika ada diantara wisatawan yang ingin additional night atau tour ketempat lain agar diberikan jalan keluarnya atau jika memerlukan pemandu guna mempermudah pekerjaan.

(Inspirator : M. Kesrul, GRAHA ILMU)

Komentar

Anonim mengatakan…
Selamat sore. Saya sudah membaca ulasan Anda dan saya cukup tertarik untuk mengetahui judul buku, tahun terbit,halaman buku, serta tempat diterbitkannya buku ini. Mohon, kerja samanya. Terima kasih
Ariformation mengatakan…
Selamat sore..
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah mampir di blog ini.
Postingan tersebut adalah postingan lama ketika saya kerja di travel agent.
Pada saat itu saya membaca bukunya M Kesrul penerbit Graha Ilmu yang mana buku tersebut sudah tidak ada.
Mungkin link ini bisa membantu anda:
http://bukutentang.blogspot.co.id/2011/08/judul-buku-graha-ilmu-kategori_23.html
Unknown mengatakan…
Apakah ada tekhnik pemanduan secara langsung dan tdk langsung?

Postingan populer dari blog ini

Venue Wedding Reception Jakarta

Marry Your Daughter